Wednesday, March 20, 2013

Pipa Cassing sumur BOR yang tepat

Dalam pengeboran air  hal yang penting adalah pemasangan Cassing pipa .


Cassing Pipa berfungsi untuk melindungi sumur dari sumber air yang tidak kita inginkan dan juga reruntuhan tanah/pasir  dan lainnya agar sumur berfungsi sempurna .

Beberapa Type Pipa yang dapat digunakan :

1. Pipa Besi 
    Pipa besi ini biasa digunakan untuk kedalaman dan diameter tertentu  biasaya dipasang untuk sumur industri dimana  pipa cassing yang sangat kuat untuk mengatasi tekanan tanah yang tinggi , dengan pompa yang besar dimana semakin dalam sumur tekanan tanah dibawah juga semakin kuat , Biasanya untuk pengeboran diatas 160 meter dengan kapasitas pompa yang besar .
Pipa besi yang digunakan adalah PIPA GALVANIS MEDIUM SII  . Min gunakan 5 " inch  - 10 Inch

Kelemahan Pipa Besi adalah : dalam Jangka waktu tertentu ( 15 - 20 thn ) biasanya terjadi pengkroposan / Korosi yang mana pengkroposan / korosi  ini bisa terjadi di posisi lapisan atas  dimana biasanya airnya mengandung zat besi tinggi , sehingga pada jangka waktu tertentu kualitas air berubah yang sebelumnya bagus menjadi  kuning . ini bisa diakibatkan oleh pengroposan cassing , selain itu harga pipa cassing besi juga cukup tinggi .

Kelebihan Pipa Besi adalah : Memiliki kekuatan mengatasi tekanan tinggi akibat pompa maupun tekanan dari luar cassing sehingga pompa aman tidak terjepit  .



2. PIPA PVC
Pipa PVC ini umum digunakan sebagai pipa cassing karena harga yang murah dan memiliki kelebihan tahan terhadap korosi , dan tersedia beberapa type yang cukup kuat juga .
Pipa PVC dibagi beberapa type  yaitu : Type D , Type AW dan type VP

Type D sebaiknya jangan dijadikan cassing karena tipis dan tidak kuat untuk menahan tekanan .

Type AW type medium ini umum digunakan untuk pemasangan sumur dengan JETPUMP biasanya yang digunakan type 4" - 6 " dengan kedalaman max 60 meter , pipa ini masih bisa dimanfaatkan sebagai casssing . Jika menggunakan submersible pastikan cassing diatas 5 inch ,karena pipa jenis ini rentan utk gepeng sehingga pompa bisa terjepit .

Type VP ini kelas yang paling tinggi dan cukup kuat , dan dapat digunakan untuk cassing hingga kedalaman 120 m , dan juga lebih tahan terhadap tekanan tanah .  Dan jika menggunakan pompa jenis Submersible pipa ini dapat berfungsi maksimal karena lebih kuat .

Jadi jika ingin melakukan pengeboran pipa cassing harus dipilih secara matang agar umur sumur bor dapat lebih panjang . dan memberikan manfaat yang lebih lama .





4 comments:

  1. SELAMAT DATANG DI KOPERASI JASA CATURRAGA
    Koperasi jasa caturraga adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi KErakyatan yang berdasarkan asas kekeluargaan.

    Koperasi jasa caturraga beralamat di Jl.Raya Medangasem_Ciptamarga No.27 – Jayakerta – Karawang – Jawabarat 41352.
    Telp: 0267 – 8486083 Fax: 0267 – 8486084 Hotlink: 081388388789/08567898585.

    Jika anda sedang mencari biro jasa untuk pengurusan SURAT IZIN PENGAMBILAN AIR TANAH/DAFTAR ULANG SURAT IZIN PENGAMBILAN AIR BAWAH TANAH.

    maka anda tidak salah pilih, karena kami ahlinya dalam pengurusan SURAT IZIN PENGAMBILAN AIR TANAH/DAFTAR ULANG SIPA. Kami siap membantu anda. Kami akan berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi anda, Jika Tidak ada waktu untuk mengurus sendiri atau tidak mau repot dan buang-buang waktu dengan berbagai macam hambatan untuk mengurus ke berbagai tempat.

    Kini serahkan semuanya kepada kami.

    KENAPA ANDA HARUS MEMILIH KOPERASI JASA CATURRAGA ???
    • Kami Siap membantu anda 24 jam.
    • Kami Memiliki tenaga profesional dalam pelayanan dan jasa.
    • Harga dan waktu bersaing.
    • Tersedia paket ekonomis yang murah hingga paket express yang kilat dan selesai dalam waktu cepat

    ReplyDelete
  2. Sebelum melakukan pengeboran dan untuk menghindari kegagalan pada saat pengeboran sebaiknya dilakukan pelacakan jalur aliran sumber air bawah tanah untuk mengetahui titik pengeboran yg terbaik.
    Jasa pelacakan tsb yg paling akurat selama kami melakukan pekerjaan pengeboran adalah GEOELECTROMAGNETIC SCAN.
    Sekedar informasi agan2 bisa menghubungi : geoelectromagnetic57@gmail.com
    089 660 755 777 atau 0898 333 5559

    ReplyDelete
  3. Terimakasih, informasinya sangat bermanfaat...
    http://sumurbor2.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. Perlukah dibuat lubang-lubang pada dinding cassing sebagai aliran air masuk? diberikan jarak antar lubang dibuat berapa ? Dan diberikan lubang pada ketinggian berapa dari dasar pengeboran?

    ReplyDelete