Monday, March 25, 2013

Sumur Resapan - Pembuatan sumur resapan air hujan

Sumur Resapan menjadi perbincangan hangat dalam akhir - akhir ini terutama setelah banjir melanda Ibu Kota  dan mencuat persoalan untuk mengatasi masalah banjir ini .

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah banjir ini adalah " SUMUR RESAPAN "

Berbagai macam tekhnik pembuatan sumur resapan mulai dari yang sederhana hingga yang cukup rumit .  yang pada intinya adalah bagaimana memasukan air dari atas permukaan tanah kedalam tanah sebanyak - banyaknya dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya dan air yang masuk adalah air bersih dan tawar sehingga membantu cadangan air bawah tanah .

Tekhnik sederhana yang biasa digunakan adalah pembuatan BIO PORI tekhnik ini  dapat menyerap air tanah akan tetapi volume yang terserap sangat terbatas  .


Tekhnik lain adalah membuat lubang / galian sedalam 1 - 2 meter  dengan diameter tertentu , hal ini juga dapat menyerap air tetapi volume yang terserap juga terbatas sekali dimana penyerapan melalui pori pori tanah ,  akan tetapi tekhnik ini cukup efektif karena memiliki biaya yang ringan .


Tekhnik lain adalah membuat bak dan membuat sumur dengan kedalaman tertentu hingga diperoleh aquifer air yang mana dengan adanya aquifer air ini , air  dari permukaan dapat mengisi air yang sudah ada di dalam sumur tersebut , dan volume air yang dimasukan dapat lebih banyak dan konstan dengan daya resap tertentu biasanya bisa mencapai lebih dari 3 m3/jam  .
Tekhnik ini lebih efektif dalam proses penyerapan air , dan dapat menampung air cukup banyak .

Untuk pembuatan sumur resapan bisa hubungi :
PT Menara Asia Global
Phone : 021-53674785  


No comments:

Post a Comment